Saturday, October 22, 2016

Batu Apung nan Kaya Manfaat

Batu apung atau batu kambang atau pumis (pumice) adalah sejenis batuan vulkanik yang berasal dari larva berbuih yang bergelembung, amat tipis, dan tembus cahaya. Mineral-mineral yang terdapat dalam batu apung adalah feldspar, kuarsa, obsidian, kristobalit, dan tridimit. Batu apung juga sering disebut sebagai batuan gelas volkanik silikat, biasanya berwarna abu – abu, ringan, berpori, dan dapat terapung di dalam air.

Biasanya batu apung menepi karena terapung terbawa ombak dan banyak ditemukan di tepi pantai berkarang. Ukurannya bermacam-macam, mulai dari yang besar sampai dengan yang kecil. Keberadaan batu apung selalu berkaitan dengan rangkaian gunung berapi yang berumur kuarter sampai tersier. Penyebarannya meliputi daerah Serang, Sukabumi, Pulau Ternate, dan Pulau Lombok. Banyak negara tetangga seperti Hongkong, Korea, Taiwan, Cina, dan Bangladesh yang membutuhkan batu apung ini. Oleh sebab itu, negara Indonesia sangat memiliki peluang besar dalam bisnis batu apung.

Batu apung umumnya digunakan sebagai alat gosok untuk menggosok tumit kaki yang pecah - pecah. Caranya: gosoklah tumit yang pecah-pecah dengan batu apung lalu olesi pelembab kulit untuk memperoleh hasil maksimal. Lakukan hal ini seminggu dua kali maka kulit pecah-pecah akan hilang sedikit demi sedikit sehingga tumit kembali mulus.

Alat Gosok Batu Apung
Selain itu, batu apung bisa pula digunakan untuk menggosok celana jeans agar berwarna agak keputih - putihan (biasa digunakan oleh pabrik jeans). Batu apung juga digunakan sebagai bahan penggosok, seperti pelitur, penghapus pensil, pengelupas kosmetik, dll. Batu ini juga banyak digunakan sebagai bahan bangunan, seperti dinding dan untuk membuat beton ringan atau yang kepadatannya rendah dan insulatif. Bahkan, batu apung dapat pula dipakai untuk menghaluskan intan.

Manfaat batu apung lainnya, yaitu untuk membersihkan alat memasak, seperti wajan, panci, dan alat memasak lainnya, terutama untuk peralatan yang sulit dibersihkan dengan sabun. Selain itu, batu apung juga sering digunakan untuk membersihkan kuku atau kulit kaki yang kasar di tempat-tempat perawatan kaki atau kuku. Media tanam tumbuhan anggrek pun menggunakan batu apung.

Karena berbagai manfaat tersebut, beberapa produsen pun mengubah bentuk batu apung menjadi bentuk yang sangat menarik untuk dijual sebagai alat kecantikan untuk mengasah tumit yang pecah-pecah. Tak sedikit pula yang mengubahnya menjadi batuan penghias kolam ikan di luar rumah ataupun menjadi interior rumah dengan cara menempelkannya secara acak pada dinding rumah. 

1 comment: