Wednesday, December 14, 2016

Kandungan dan Kegunaan Feldspar

Feldspar berasal dari bahasa jerman yaitu “field” dan “spath”. Field berarti bidang dan spath berarti batu karang yang tidak berisi. Feldspar adalah kelompok mineral pembentuk batu yang terdiri atas Kalium (potasium: K), Natrium (sodium: Na), dan kalsium alumino silikat. Warnanya bervariasi mulai dari putih keabu-abuan, merah jambu, coklat kuning, dan hijau. Secara umum, seluruh jenis feldspar memiliki sifat fisik yang hampir sama, yaitu nilai kekerasan sekitar 6 – 6, 5 skala mohs dan berat jenisnya sekitar 2,4 – 2,8 gram/ml, dan sistem kristal antara triklin atau monoklin.

Mineral Feldspar
Terlepas dari bentuk strukturnya, apakah triklin atau monoklin, secara kimiawi feldspar terbagi dalam empat kelompok mineral, yaitu kalium feldspar (KAlSi3O8), natrium feldspar (NaAlSi3O8), kalsium feldspar (CaAl2Si2O8), dan barium feldspar (Ba Al2Si2O8). Secara mineralogi, feldspar dikelompokkan menjadi Plagioklas dan K-Feldspar. Plagioklas merupakan suatu larutan padat yang tersusun dari variasi komposisi natrium feldspar dan kalsium feldspar. Mineral yang termasuk dalam kelompok K-feldspar diklasifikasikan berdasarkan suhu kristalisasinya, mulai dari sanidin (suhu tinggi), ortoklas, mikroklin sampai adu-laria (suhu rendah).

Keberadaan feldspar dalam kerak bumi cukup melimpah. Walaupun demikian, untuk keperluan komersial, kualitas feldspar ditentukan oleh kandungan oksida kimia K2O dan Na2O yang relatif tinggi (di atas 6%), oksida Fe2O3, dan TiO2. Feldspar dari alam setelah diolah dapat dimanfaatkan untuk batu gerinda dan feldspar olahan digunakan untuk keperluan industri tertentu. Pada umumnya, dalam industri feldspar diperlukan sebagai bahan pelebur/ perekat pada suhu tinggi dalam pembuatan keramik halus seperti barang pecah belah, isolator, saniter, dan industri gelas/ kaca. Dengan kata lain, feldspar digunakan untuk melelehkan keramik atau membuatnya lebih matang. Di Amerika feldspar juga digunakan sebagai bahan campuran pembersih peralatan rumah tangga.

Masyarakat awam beranggapan bahwa feldspar adalah batuan padahal hal ini salah kaprah. Feldspar itu berdiri sendiri dan material lain yang menyusun batuan granit tetap berperan sebagai mineral, bukannya batuan. Sebagai kesatuan komponen, batuan granit bersama kuarsa, mika, dan mineral aksesori, keindahan mineral feldspar dimanfaatkan untuk batu hias (ornament stone). Keindahan ini akan terlihat bila batuan granit tersebut telah dipotong dalam bentuk lembaran (slab) dan dipoles.

1 comment: