Thursday, August 4, 2016

Amplas Halus dan Amplas Kasar

Halus dan kasarnya kertas amplas ditunjukkan oleh angka grit yang tercantum dibalik kertas amplas tersebut. Semakin besar angka yang tertulis menunjukkan semakin halus dan semakin rapat susunan partikel amplas tersebut. Berdasarkan grit (tingkat kekasarannya), amplas dibedakan menjadi dua, yakni: amplas kasar dan amplas halus.
Grit Amplas
Amplas Grit 60

Amplas Kasar
Amplas yang terlalu keras atau kasar dapat menghapus terlalu banyak bahan atau meninggalkan bekas goresan yang tidak diinginkan. Selain tidak sedap dipandang, pengamplasan yang berlebihan hingga menimbulkan goresan dapat mengikis atau menembus lapisan (seperti cat atau bahan kimia); meningkatkan luas permukaan (memungkinkan reaktivitas kimia yang lebih besar seperti peningkatan karat yang juga dipengaruhi oleh materi yang tertangkap dalam goresan); mengurangi atau menghancurkan kegunaan (seperti dalam kasus menggosok lensa optik atau dapat menumpulkan pisau); menjebak kotoran, air, atau bahan lainnya; meningkatkan gesekan (seperti dalam bantalan permata dan piston).

Amplas Halus

Amplas yang lebih halus atau amplas yang lembut cenderung meninggalkan goresan yang sangat halus sehingga mungkin tidak terlihat dengan mata telanjang. Namun, amplas halus tidak bisa mengikis permukaan tertentu dan cenderung membutuhkan waktu lebih lama untuk mengikis permukaan yang kasar. Selain itu, amplas itu sendiri juga bisa cepat aus karena gesekan dengan benda yang diamplas. Maka, amplas halus cenderung digunakan untuk menggosok logam dan lensa agar terlihat semakin mengkilap.

1 comment: