Saturday, August 6, 2016

Amplas Kayu dan Amplas Logam

Berdasarkan fungsinya, amplas dikelompokkan menjadi dua, yakni: amplas kayu dan amplas besi atau amplas logam.

Amplas Kayu
Amplas kayu adalah amplas yang digunakan untuk mengikis atau meratakan atau menghaluskan benda-benda yang berupa bahan kayu. Jenis amplas kayu tidak jauh berbeda dengan amplas besi atau amplas logam. Perbedaannya hanya terletak pada fungsinya.

Amplas Besi atau Amplas Logam
Amplas Serbaguna
Amplas besi adalah amplas yang digunakan untuk mengikis atau meratakan atau menghaluskan benda-benda yang berupa bahan besi atau logam atau kerak-kerak besi. Amplas besi terbuat dari silicon carbide. Pada amplas besi seharusnya terdapat nomor yang berkisar dari angka 1 sampai 300 sebagai penanda tingkat kehalusan dan kekasaran dari amplas tersebut. Semakin besar nomor yang terdapat pada amplas, tingkat kekasaran amplas tersebut semakin rendah. Jadi, angka 1 merupakan amplas kasar dan amplas 300 merupakan amplas super halus.

Namun, fakta di lapangan menunjukkan jenis angka yang beredar biasanya dimulai dari angka 100 sampai 1000. Kebanyakan toko tidak menjual amplas dengan tingkat kekasaran yang berurutan. Pada umumnya sebuah toko bangunan atau toko cat menjual amplas dengan nomor 100, 200, 300, 400, 600, 800, 1000, dan 1500. Perbedaan ukuran amplas disebabkan oleh penggunaan partikel yang berbeda sesuai dengan kegunaan amplas tersebut.

1 comment: