Friday, October 27, 2017

Saluran Distribusi Amplas

Ada sejumlah industri berbeda yang akan menggunakan amplas dalam proses produksinya. Kebutuhan susunan kimia dan fisik amplas pun bervariasi antara satu dengan lainnya. Untuk memenuhi kebutuhan industri ini, beberapa produsen memproduksi amplas sesuai pesanan, tetapi tak sedikit pula yang memproduksi amplas secara masal. Untuk pendistribusian amplas ini mereka bekerja sama dengan beberapa distributor amplas.

Distributor amplas mengkhususkan diri dalam pendistribusian amplas di seluruh negeri atau seluruh dunia. Namun, selain bekerja sama dengan distributor, distribusi juga dimungkinkan melalui sejumlah saluran yang berbeda. Pada umumnya, sejumlah saluran alternatif yang tersedia adalah sebagai berikut:
o Distributor. Ini juga dikenal sebagai pedagang grosir yang menjual amplas ke pengecer.
o Penjualan Langsung. Penjualan ini biasa dilakukan melalui telepon, surat pesanan atau email, dan toko online di internet. (Ini menggunakan sales atau tenaga penjualan internal).
o Agen. Ini biasanya akan menjual ke distributor atau langsung menjual ke pengecer.
o Pengecer. Ini juga dikenal sebagai reseller atau dealer dan mereka menjual secara langsung ke konsumen akhir.
Saluran Distribusi Amplas

Di dalam proses distribusinya, produsen juga bisa menggunakan iklan tetapi metode penjualan ini biasanya hanya digunakan untuk barang konsumsi.

Ada empat elemen pemasaran dan distribusi yang menjadi salah satu elemen bauran pemasaran. Peran utama produsen amplas adalah membuat produk amplas tersedia bagi konsumen atau bahkan untuk bisnis. Produsen amplas bisa terlebih dahulu fokus pada distribusi lokal. Namun, saat ini sudah sangat umum untuk mendistribusikan produk secara lebih luas. Bahkan, beberapa produsen amplas telah memiliki target untuk membuat produknya tersedia di seluruh dunia karena mereka telah menjalin banyak kerja sama dengan distributor amplas.

Jika produk didistribusikan lewat agen, tentu harga jualnya relatif lebih tinggi tetapi mereka akan mampu mendistribusikan produk di berbagai tempat dan negara. Kebanyakan distributor amplas berfokus pada distribusi ke perusahaan spesialis seperti toko bahan bangunan karena jika mendistribusikan ke tempat yang tidak relevan, hal ini bisa mempengaruhi kemampuan mereka dalam menghasilkan pendapatan.

1 comment: