Wednesday, October 25, 2017

Mengenal Amplas Cakram

Abrasive Discs (amplas cakram) menggunakan bahan pendukung yang berasal dari berbagai jenis kain, film, kertas, serat, dan bahkan bahan bukan tenunan. Amplas cakram digunakan di banyak industri, terutama untuk menyiapkan permukaan. Prosesnya meliputi pengamplasan, pembersihan, pemolesan, dan penggilingan kering atau basah.

Industri yang membutuhkan amplas cakram ini adalah industri logam, industri kayu, industri semikonduktor, dan industri keramik. Bergantung pada butiran, ukuran pasir, pemasangan dan dukungan, amplas cakram juga dapat diterapkan pada industri lain. Amplas cakram ini dihasilkan dari berbagai tipe backing, yakni:

Mengenal Amplas Cakram
1.       Amplas cakram kain yang dihasilkan dari kain tenun seperti kapas. Ini digunakan di dalam industri yang memerlukan kehati-hatian dalam penggunaan amplas.
2.       Amplas cakram yang berasal dari serat. Yang ini dikatakan lebih tebal dari kain dan dihasilkan melalui penggunaan serat katun dan selulosa yang diolah secara kimia. Kelemahan utama dari tipe backing ini adalah keriting dalam kondisi cuaca yang lembab.
3.       Amplas cakram film. Dalam jenis seperti ini, butiran amplas diaplikasikan pada film plastik.
4.       Amplas cakram spons. Butiran amplasnya terikat pada lapisan busa atau spons atau bahan lembut lainnya seperti kertas.
5.       Amplas cakram logam. Amplas ini memiliki butiran amplas yang biasanya terikat pada logam, termasuk kuningan dan aluminium.

Selain itu, ada pula amplas yang terbentuk dari bahan lain seperti bahan bukan tenun, kertas, dan layar.

Selain backing, kita perlu mengetahui butiran mineral amplas (grain). Mineral yang digunakan untuk menghasilkan butiran amplas cakram adalah aluminium oksida, karaben tungsten, silikon karbida, aluminium-zirkonia, dan garnet. Namun, ada pula butiran amplas super. Bahan ini relatif penting di industri yang bergantung pada pemetikan dan pemolesan besi. Salah satu bahan yang digunakan untuk menghasilkan butiran amplas super ini adalah boron nitrida kubik. Ini adalah komponen yang disukai karena kekerasan dan kapasitasnya untuk memberikan penggilingan unggul, terutama untuk perpaduan baja dan karbon.

1 comment: