Saturday, August 6, 2016

Amplas Basah dan Amplas Kering

Berdasarkan penggunaannya, amplas dibedakan menjadi dua, yakni: amplas basah dan amplas kering. Kedua amplas tersebut memiliki keuntungan dan kekurangan tersendiri.

Amplas Basah
Amplas basah adalah amplas yang digunakan untuk mengikis atau meratakan atau menghaluskan benda dengan menggunakan air atau spirtus secara bersamaan. Penggunaan amplas basah tidak menimbulkan debu. Selain itu, amplas tidak lekas kotor dan hasilnya bisa langsung dilihat. Namun, pemakaian amplas basah membuat pekerja harus menyediakan air, tempat kerja jadi becek, amplas tidak tahan lama, pekerjaan lebih lama, dan membutuhkan waktu pengeringan lebih lama.
Amplas Basah / Kering

Amplas Kering
Amplas kering adalah amplas yang digunakan untuk mengikis atau meratakan atau menghaluskan benda atau panel tanpa cairan. Keuntungan menggunakan amplas kering, antara lain: tempat kerja tidak becek, amplas tahan lama, dan pekerjaan lebih cepat selesai. Namun, penggunaan amplas kering menimbulkan suara berisik, menyebabkan debu beterbangan kemana-mana, amplas mudah tertutup kotoran, dan hasilnya tidak bisa langsung dilihat.

1 comment: